Senin, 12 April 2010

Analisis SWOT PT Sakti Adyaksa

Kekuatan (S)
1. Aplikasi strategi sistem pemasaran yang baik
2. Tim kerja yang berpengalaman, spesialis dan profesional
3. Pangsa pasar Produk 55%
4. Produk eksklusif dan termasuk dalam kategori terbaik di dunia


Kelemahan (W)
1. Harga produk yang mahal
2. Produk tidak bisa dijual satuan di pasar bebas
3. Jumlah tenaga pemasaran sedikit
4. Tidak mempunya distributor

Peluang (O)
1. Kesempatan untuk masuk ke pasar Internasional lebih besar
2. Penguasaan pangsa pasar 60% prospek untuk memperluas pengguna Security System
3. Tingkat keamanan tidak bisa dideteksi, rawan baik dari dalam maupun dari luar perusahaan
4. Perkembangan teknologi selalu meningkat setiap 3 bulan

Ancaman (T)
1. Adanya produk lain yang fungsinya sama tetapi harga relatif lebih murah
2. Tidak bisa dijual melaui penyalur sedangkan produk-produk pesaingnya banyak beredar dipasaran
3. Karyawan yang andal besar kemungkinan dibajak / rawan pembajakan
4. Karena teknologinya selalu berkembang akibatnya produk rawan untuk ditiru

2. Beberapa penyesuaian dalam pembentukan model analisisnya yaitu :
1. Pembobotan tetap menggunakan skala 1 (sangat penting) hingga 0 (tidak penting), akan tetapi penilaian skala untuk masing-masing situasi total berjumlah 1 dengan cara :
a. Urutkan faktor situasi berdasarkan skala prioritas (SP) (tertinggi nilainya 16 dari 4x4, urutan 2 nilainya 12 dari 3x4, dan terendah nilai 4 dari 1x4) lalu dikalikan dengan konstanta (K) nilai tertinggi yaitu 4
b. Masing-masing nilai situasi tersebut di bagi dengan total nilai SP x K
2. Peringkat tetap menggunakan skala 1 (rendah) - 4 (tinggi) untuk kekuatan dan peluan, sedangkan skala 4 (rendah) – 1 (tinggi) untuk kelemahan dan ancaman, namun karena tidak ada pembanding, maka nilai skala ditentukan berdasarkan prioritas dari masing-masing situasi (misalnya skala 4 untuk peluang yang paling utama)
3. Nilai tertinggi dari Bobot x Peringkat adala 1-2 (kuat) dan 0-1 (lemah).

Berdasarka nilai peringkat dan pembobotan yang kemudian dikalikan akan diperoleh hasil kombinasi antara beberapa situasi sebagai berikut :
1. (Kekuatan, Kesempatan atau S,O) artinya perusahaan menentukan strategi berdasarkan kombinasi kekuatan dan kesempatan yang bisa memanfaatkan kekuatan untuk menggunakan peluang sebaik-baiknya.
2. (Kelemahan, Kesempatan atau W,O) artinya perusahaan harus membuat strategi bagaimana meminimalkan kelemahan yang selalu muncul dalam perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang menguntungkan.
3. (Kekuatan, Ancaman atau S,T) artinya perusahaan bisa memanfaatkan kekuatan baik dalam hal manajemen, sistem pemasaran maupun kemampuan finansial untuk mengatasi ancaman.
4. (Kelemahan, Ancaman atau S,T) artinya perusahaan harus meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman.




















Berdasarkan matriks SWOT di atas maka analis strategik bagi semua situasi (SO, WO, ST,dan WT) adalah sebagai berikut :
1. Manajemen dan strategi pemasaran di PT. Sakti Adyaksa sangat kuat dan mendukung untuk mengembangan pasar dan segmen pasar akan tetapi mengingat peluang yang ada berdasarkan kondisi eksternal yaitu untuk masuk ke pasar internasional tidak terlalu kuat meski peluangnya besar. Informasi ini mengindikasikan bahwa pihak perusahaan haruslah lebih intensif meyakinkan para calon pembeli dan pelanggan luar negri akan kualitas barang dan layanan yang baik dan terjamin dengan cara kerja sama dengan perusahaan sejenis dan atau memanfaatkan saluran distribusi yang sudah mapan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang dari luar negeri.
2. Harga produk yang relatif mahal menjadikan produk ini relatif lebih sulit untuk masuk ke pasaran luar negeri karena kondisi ekternalnya pun lemah. Agar peluang yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik, maka perusahaan haruslah mulai memikirkan konsep produksi. Konsep memproduksi banyak dan mudah mendapatkannya agar harga bisa menjadi relatif murah mungkin bisa sebagai alternatif. Alternatif lain tetap mempertahankan harga dengan peningkatan harga dengan peningkatan kualitas haruslah menjadi prioritas utama dengan cara membandingkan mutu produknya dengan mutu produk perusahaan lain.
3. dengan kuatnya manajemen dan baiknya strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan menjadikan ancaman produk yang sama dan sejenis dari perusahaan lain tidaklah terlalu merisaukan. Kekuatan pemasaran akan relatif lebih mudah meminimalisir ancaman tersebut, apalagi ancaman yang ada kuarng begitu berbahaya (lemah), sehingga pengembangan produk akan efisien dan efektif seiring dengan pengembangan sistem pemasarannya.
4. Harga produk yang relatif mahal bukanlah merupakan ancaman dalam memasarkan produk siatem keamanannya, karena ancaman dari luar juga tidaklah terlalu kuat. Disamping itu pelanggan jelas tidak akan mengambil resiko untuk mengganti produknya yang berasal dari perusahaan lain bila telah mengetahui bahwa produk yang dikeluarkan perusahaan telah terbukti keunggulannya apalagi dengan dukungan sistem pemasaran yang baik.

Analisa strategik untuk masing-masing kondisi (No.1,2, dan 3) yang tercantum dalam tabel IFAS dan EFAS (matrik SWOT) berdasarkan masing-masing situasi SO, WO, ST, dan WT dapat dilakukan dengan cara yang sama.
Secara umum bila memperhatikan rata-rata dari setiap strategi antar situasi yang terdapat dalam matrik SWOT di atas menunjukan bahwa kekuatan dan kesempatan dalam perusahaan (strategi SO)yang bisa diraih masih lemah.
Analisa strategi WO, menunjukkan bahwa O > W. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan bagi pengembangan sistem pemasaran karena meskipun kesempatan untuk masuk ke pasar global ”agak berat” akan tetapi mengingat kelemahan relatif kecil maka bisa mengurangi waktu kerja perusahaan guna membenahi faktor internal dan berkonsentrasi untuk membenahi faktor eksternalnya.
Untuk strategi ST, tampak bahwa rata-rata S > T. Kondisi ini menunjukkan bahwa kekuatan yang ada dapat digunakan untuk mengurangi ancaman, misalnya dengan cara memperbesar segmen pasar dan pangsa pasar di dalam negeri (memperkuat basis pemasaran) dan mencari waktu yang tepat untuk menjadikan ancaman menjadi peluang.
Untuk strategi WT, rata-rata W > T. Kondisi ini harus diperhatikan dengan seksama karena ancaman yang besar diiringi oleh kelemahan yang terdapat dalam perusahaan akan menciptakan pengikisan peluang sedikit demi sedikit dan bahkan peluang bisa menjadi ancaman. Kekuatan berubah menjadi kelemahan karena efek negatif biasanya lebih mudah berkembang daripada efek positif.
Secara umum bila dilihat dari semua strategi yang ada tampak bahwa nilai strategi terhadap situasi yang dimiliki relatif masih kurang baik.

referensi : literatur jurnal

2 komentar:

  1. Bener bener sangat membantu di saat membutuhkan. Thx so much(:

    BalasHapus
  2. Kepada Yth,



    Perkenalkanlah kami Dari

    PT. SUN LOGISTICS International. Yang begerak dibidang Jasa Export – Import Door To Door International Air & Sea Freight Forwader yang telah berpengalaman dibidang Door To Door,Undername,Customs Clearance import.Kami sebagai mitra bisnis yang dapat dipercaya. Sebagai sebuah perusahaan pengiriman (melalui laut, udara maupun darat) tarif hemat dan kompetitif, PT.SUN Logistics memastikan bahwa barang kiriman anda akan sampai ketempat yang dituju secara lebih cepat.



    Service International :

    -Sewa UNDERNAME

    -FOB/CNF

    -Emkl / Emku

    -Customs Clearance

    -Ex Works

    -Door to Door Service

    -Purchase of foreign goods

    -DlL



    Note : Perusahaan kami juga bisa mengeluarkan Mobil, Motor
    dan Cairan cukup dengan syarat yang diperlukan untuk data barang
    hanya MSDS, Midical ,Invoice dan Packing List.

    Perusahaan kami dapat mengeluarkan barang tersebut
    diatas dari Pickup barang sampai Door ke tempat
    (Free for Jakarta Area).

    Jika ada biaya lain yang muncul kami tidak
    membebankan biaya kepada Customer.
    Pihak Customer bertanggung jawab sepenuhnya
    terhadap kebenaran barang sesuai Invoice, Packing list.

    Perhitungan di atas berdasarkan mana yang lebih
    Besar : berat/Kg Atau Volume / M3
    Perhitungan : Udara P X L X T : 6.000
    Laut P X L X T : 1.000.000

    Kehilangan barang yang terbungkus rapi ( Original
    Packing ) akan kami ganti sesuai INVOICE asli yang
    kami terima pertama
    Pembayaran dilakukan secara COD (Cash On Delivery)



    Best regads

    Samuel outo : 0813 9434 4940 W.A



    Head office

    PT. SUN LOGISTICS INDONESIA

    Jln. Cipinang Muara raya no. 19 Jakarta Timur (13420) – Indonesia.

    Tlp : 021 - 860-3191 (Hunting)

    Fax : 021 - 860-3196

    Email : samuel.sunlogistics@gmail.com

    BalasHapus